Penyambutan Paskibraka Nasional Tahun 2022 Asal SMAN 16 Bandar Lampung

Artikel Berita

SMAN 16 BANDAR LAMPUNG, Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka).

Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Pada HUT Kemerdekaan Republik indonesia yang ke 77 tahun 2022 ini, SMAN 16 Bandar Lampung ikut serta dalam mengirimkan siswanya untuk mengikuti seleksi PASKIBRAKA, setelah melalui beberapa seleksi yang sangat ketat akhirnya terpilih siswa kami Rendi Rafael Hogan (XI IPA 6) sebagai anggota Paskibraka Tingkat Nasional.

Dalam acara penyambutan yang sangat terbatas tersebut, Rendi Rafael Hogan (XI IPA 6) menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya dan teman-teman Paskibraka lainnya sehingga lulus seleksi menjadi Paskibraka. Rendi Rafael Hogan (XI IPA 6) juga mengingatkan bahwa segala keberhasilan tidak lepas dari semangat dan kemuan yang kuat dari dalam diri sendiri serta disertai oleh doa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *